PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku sedang menyiapkan mobil hybrid terjangkau untuk pasar Indonesia. Mobil hybrid yang akan diperkenalkan nantinya akan menyasar segmen konsumen Daihatsu yang sebagian besar merupakan pembeli mobil pertama.
“Terjangkau ini kan pastinya untuk first car buyer yang saat ini volume-nya sangat besar. Pastinya kita sama-sama siapkan ya. Ini juga sebagai bagian dari bentuk komitmen kami ke pemerintah soal karbon netral,” ujar Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, di Kabupaten Tangerang, belum lama ini.
Agung menambahkan, sejauh ini Daihatsu bermain di segmen kendaraan dengan harga di bawah Rp 300 juta, di mana di rentang harga tersebut persentase penjualan xEV (kendaraan listrik dan berbagai variannya) masih kecil, tepatnya di angka 4%.
“Mereka perlu piece of mind. Mereka mencari (mobil elektrifikasi) yang fungsional, tapi mereka ingin total ownership-nya itu ada buat mereka. Karena ingat, kendaraan first car buyer adalah aset,” terang Agung. Agung sendiri belum mau membeberkan lebih detail soal rencana memperkenalkan mobil hybrid mereka di Indonesia.
Sebelumnya Daihatsu telah menggoda pecinta otomotif Indonesia dengan memamerkan mobil hybrid mereka, Daihatsu Rocky. Model ini dipamerkan pada ajang GIIAS 2024 di ICE-BSD City, Tangerang.
Daihatsu Rocky Hybrid yang diboyong ke pameran GIIAS 2024 merupakan varian tertinggi bernama Premium G HEV 1.2 L. Kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi e-Smart hybrid tersebut sebelumnya lebih dulu mengaspal di Jepang.
Dengan teknologi itu, Daihatsu Rocky Hybrid diklaim punya konsumsi bahan bakar irit, yakni 28 km/liter. Sementara mesinnya punya kapasitas 1.200 cc tiga silinder dengan tipe WA-VEX.