Great Wall Motor (GWM) Indonesia melakukan survei selama pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Hasilnya, GIIAS masih menjadi tempat konsumen untuk eksplorasi.
Survei pelanggan GWM di GIIAS 2025 mencatat bahwa 54% responden merupakan pria dan 46% wanita. Secara usia, mayoritas responden berasal dari Generasi Z (52%), disusul Generasi X (23%), dan Generasi Milenial (21%). Para responden berasal dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari mahasiswa, profesional, karyawan swasta, hingga wirausahawan.
Meskipun banyak produk baru diperkenalkan di GIIAS tahun ini, survei juga menemukan bahwa mayoritas pengunjung belum menentukan kategori kendaraan yang mereka cari. Sebanyak 50% responden masih berada pada tahap eksplorasi terhadap berbagai tipe kendaraan, sementara 20% menyatakan sudah menentukan pilihan pada kendaraan BEV, 12% pada HEV, 11% pada PHEV, dan 11% lainnya fokus pada kendaraan ICE.
Setelah menjelajahi seluruh lini produk GWM yang ditampilkan, responden menempatkan Tank 300 Diesel sebagai model yang paling menarik perhatian, dipilih oleh 27% responden. Posisi berikutnya ditempati oleh Tank 300 HEV dan ORA 03 BEV (masing-masing 22%), diikuti oleh Haval Jolion HEV (12%), Tank 500 HEV (11%), dan Haval H6 (6%).
Tiga jenis informasi lanjutan yang paling diminati oleh responden setelah mengunjungi booth GWM adalah: spesifikasi kendaraan (62%), program promosi (60%), dan layanan purna jual (35%). Hal ini menandakan ketertarikan lanjutan yang kuat terhadap lini kendaraan GWM setelah berinteraksi langsung di pameran.
Hingga hari terakhir penyelenggaraan, GWM mencatat respons luar biasa atas keberagaman inovasi yang dihadirkan – dengan hampir 400 unit kendaraan dipesan, meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan total pemesanan GWM di GIIAS tahun sebelumnya. Dari total pemesanan tersebut, sekitar 58% merupakan pemesanan untuk Tank 300 Diesel, disusul ORA 03 sebesar 25%.
Pengunjung GIIAS naik
Tercatat sebanyak 485.569 orang memadati area pameran GIIAS 2025 di ICE BSD City, Tangerang. Jumlah itu naik dari tahun lalu yang pengunjungnya mencapai 475.084 orang.
Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2025, Rizwan Alamsjah, mengungkapkan GIIAS bukanlah pameran yang ditujukan untuk mengejar transaksi penjualan semata.
“Setiap tahun, setelah pameran berakhir, Gaikindo menerima laporan capaian dari para peserta, ada yang menunjukkan fluktuasi transaksi yang meningkat maupun menurun yang adalah hal biasa, yang kami harapkan tentunya catatan capaian di GIIAS 2025, dapat mencapai angka yang setara dengan capaian di tahun sebelumnya. Hal tersebut akan menjadi dorongan yang sangat positif bagi industri otomotif nasional saat ini,” jelas Rizwan.