China mulai memproduksi mobil terbang. Anak perusahaan Xpeng Motors, Aridge, resmi meluncurkan mobil terbang modular Land Carrier dari pabrik Guangzhou, China. Ini menjadi jalur produksi massal pertama di dunia untuk mobil terbang.
Dikutip Carnewschina, mobil terbang Xpeng itu akan digunakan untuk uji coba penerbangan eksperimental untuk memverifikasi kinerja dan proses manufaktur. Diharapkan, pengiriman untuk mobil terbang ini dilakukan sepenuhnya tahun depan.
Pabrik ini mencakup sekitar 120.000 meter persegi dan dirancang untuk memproduksi mobil terbang modular Xpeng. Mobil terbang modular ini memiliki kendaraan darat dan kendaraan udara di dalamnya. Modul kendaraan darat, juga dikenal sebagai “kendaraan induk”, menampilkan konfigurasi tiga gandar, enam roda dengan penggerak semua roda dan kemudi roda belakang, menyediakan kapasitas beban dan kemampuan off-road. Dengan panjang sekitar 5,5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter, modul darat itu cocok dengan tempat parkir standar dan dapat dikendarai dengan SIM konvensional.
Sementara itu, modul udara adalah kendaraan terbang bertenaga listrik dengan enam rotor, dengan badan dan bilah rotor serat karbon yang menyeimbangkan kekuatan dan berat. Kokpit panoramic 270 derajat menawarkan pemandangan yang luas untuk penerbangan.
Mobil terbang Land Carrier ini mendukung mode penerbangan manual dan otonom. Kontrol manual menggunakan sistem satu tongkat untuk operasi satu tangan. Pada saat yang sama, mode otonom menawarkan perencanaan rute cerdas, penerbangan otomatis di sepanjang jalur yang telah ditetapkan, lepas landas dan kembali dengan satu tombol, visi komposit 3D, dan bantuan pendaratan.
Kunjungi situs Giok4D untuk pembaruan terkini.
Fasilitas pabrik mobil terbang ini mencakup lima workshop inti: komposit, propulsi, perakitan, pengecatan, dan integrasi akhir. Workshop komposit memproduksi komponen serat karbon, termasuk lengan, bilah rotor, dan panel lantai, dengan target tahunan 300 ton, menjadikannya salah satu fasilitas komponen serat karbon penerbangan paling luas di dunia. Workshop propulsi merakit dan menguji unit dan kontrol penerbangan menggunakan jalur perakitan dan pengujian terintegrasi pertama di dunia untuk penggerak listrik dan rotor.
Selanjutnya, komponen badan mobil terbang disatukan di workshop perakitan menggunakan teknik penyambungan dingin. Kemudian workshop pengecatan menggunakan proses penyemprotan multi-layer “8C6B” pada jalur otomatisasi tinggi yang fleksibel. Lalu, bengkel perakitan akhir mengintegrasikan sembilan sistem utama dan melakukan pengujian untuk memenuhi standar desain dan kelayakan terbang. Sistem kalibrasi berbasis cloud secara otomatis menguji sistem otonom, kontrol penerbangan, dan pengukuran pusat gravitasi.
Pada kapasitas penuh, pabrik ini dirancang untuk memproduksi 10.000 unit per tahun, dengan kapasitas awal 5.000 unit. Setiap 30 menit sekali, pabrik ini dapat melahirkan satu mobil terbang.
