Duduk Perkara Toyota Recall 25 Model Mobil di Indonesia

Posted on

25 model mobil Toyota dan Lexus di Indonesia kena recall. Apa masalahnya?

PT Toyota Astra Motor mengimbau para pelanggan beberapa model Toyota dan Lexus untuk tahun produksi tertentu melakukan pengecekan meter kombinasi, pemanas elektrik kabin, dan ECU Parking Assist di bengkel resmi terdekat. Recall kali ini menyasar pada deretan mobil-mobil premium baik dari Toyota maupun Lexus. Lalu apa masalahnya?

25 Model Mobil Toyota Kena Recall

Pertama pengecekan meter kombinasi berakitan dengan monitor di panel instrumen. Toyota menemukan adanya potensi gangguan fungsi pada meter kombinasi akibat pengaturan pemrograman yang belum optimal sehingga monitor mungkin tidak menyala. Total ada 8.881 unit kendaraan yang terlibat recall meter kombinasi ini. Mobil akan diperiksa atau dilakukan pemrograman ulang meter kombinasi yang membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam tergantung dari hasil pemeriksaan. Setidaknya ada 10 model yang terdampak pada recall meter kombinasi ini, berikut daftarnya.

Permasalahan kedua berkaitan dengan pemrograman ulang ECU Parking assist. Total ada 10.762 unit kendaraan yang terlibat pada recall ini. Toyota menemukan adanya potensi gangguan pada perangkat lunak ECU parking assist yang dapat menyebabkan tampilan gambar belakang berhenti sesaat atau tidak muncul ketika kendaraan mundur.

Untuk pemeriksaan dan/atau pemograman ulang ECU Parking Assist dibutuhkan waktu sekitar 0.5 – 1 jam tergantung dari hasil pemeriksaannya. Model kendaraan yang terdampak dari recall ECU Parking Assist ini cukup banyak. Berikut daftarnya.

Selanjutnya recall juga dilakukan pada Lexus UX300 e tahun produksi Agustus 2021 hingga September 2022 yang dilengkapi dengan sistem pemanas listrik. Karena daya tahan pemanas yang terbatas, terdapat kemungkinan pemanas listrik mengalami gangguan jika terpapar tekanan dalam jangka waktu lama, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Saat kendaraan dioperasikan pada suhu rendah tertentu, kinerja pemanas dan pencairan bunga es dapat berkurang. Penurunan kinerja pencairan bunga es ini dapat menyebabkan embun beku, es, dan/atau kabut tidak sepenuhnya hilang dari kaca depan. Kondisi tersebut dapat mengurangi visibilitas pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan dalam situasi berkendara tertentu.

Buat kamu pemilik kendaraan seperti disebutkan di atas, maka bisa melakukan pengecekan melalui laman resmi https://ssc.toyota.astra.co.id khusus untuk model Toyota. Atau bisa juga datang langsung ke bengkel Toyota dan Lexus terdekat. Terpenting semua proses recall ini tak dipungut biaya sama sekali.

Pelanggan disarankan supaya melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall dan teknisi, serta tidak perlu terlalu lama menunggu antrean. Seluruh proses pemeriksaan hingga final check tidak dipungut biaya sama sekali.

“Worry-free, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab kami sekaligus untuk menjamin keselamatan berkendara. Untuk pelanggan Toyota, kami menyarankan kepada pelanggan untuk memastikan apakah mobilnya mendapatkan panggilan dengan menghubungi dealer resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, website resmi https://ssc.toyota.astra.co.id , via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315, dan berinteraksi dengan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 08111500315. Sedangkan untuk pelanggan Lexus, dapat menghubungi dealer resmi Lexus (Menteng, Mampang, dan Pluit Gallery), website resmi https://www.lexus.co.id/en/servicing-and-support/privileges-and-support.html, via Lexus Concierge Center yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 021-390-9999 atau 0821-8090-0900,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily dalam siaran persnya. duduk