Yamaha Tricity Terbaru, Nmax Versi Roda Tiga Seharga Rp 63 Jutaan

Posted on

Yamaha melakukan pembaruan pada Tricity. Skutik roda tiga terbaru itu bakal rilis pada 25 September 2025 di Jepang.

Ada sejumlah pembaruan yang bikin motor ini mirip dengan Nmax Neo atau Turbo. Misalnya pada bagian belakang.

Mengutip laman Young-Machine, Tricity versi 125 dan 150 punya tampang yang lebih agresif. Lampu depannya menggunakan single projector di tengah yang kemudian diapit oleh lampu LED DRL di bagian atasnya.

Desain bodi telah diubah total. Terutama di sekitar lampu depan, yang mengingatkan pada YZF-R25/R3 terbaru. Secara umum, siluet muka motor ini mengacu pada desain fascia kakaknya, Tricity 300.

Motor ini sekarang juga dilengkapi meter LCD yang dapat dihubungkan ke ponsel pintar. Penambahan layar TFT baru berukuran 4,2 inch itu menampilkan layar navigasi yang bisa meningkatkan kenyamanan. Pengguna juga dapat mengunduh aplikasi “Y-Connect” supaya bisa terkoneksi.

Bagian menarik lainnya, terdapat pada desain stop lamp dan lampu sein-nya, yang dibuat sangat mirip seperti desain stop lamp dan lampu sein Yamaha Nmax Neo dan Turbo.

Bodinya memiliki hidung depan yang lebih pendek, area ekor yang kompak, dan desain lengkungan roda di sekitar roda belakang yang mengingatkan pada SUV roda empat.

Tricity masih dilengkapi dengan Unified Brake System (UBS) + ABS, yang memungkinkan distribusi gaya pengereman yang tepat antara roda depan dan belakang.

Sama seperti versi 155, Tricity 125 juga dilengkapi bagasi di bawah jok yang dilengkapi lampu LED. Soket daya USB Type-C, dan windshield hitam.

Tricity 155 adalah satu-satunya model yang baru dilengkapi dengan Lampu Rem Darurat (ESS) dan Sistem Kontrol Traksi (TCS).

Meskipu pakai dek rata, tidak berlebihan juga jika Tricity ini merupakan Nmax versi tiga roda. Pasalnya New Tricity ini memakai basis mesin Yamaha Nmax.

Yamaha Tricity 125 menggendong mesin dengan ukuran bore x stroke; 52 mm x 58,7 mm. Di atas kertas, mesin itu bisa memuntahkan daya maksimum 12 PS pada 8.000 rpm dan torsi 1,1 kgm (10,79 Nm) pada 6.000 rpm.

Sementara versi 155 cc menggunakan ukuran bore dan stroke: 58 mm x 58,7 mm. Di atas kertas, mesin itu dapat mengeluarkan tenaga 15 PS pada 8.000 rpm dan torsi 1,4 kg-m (13,7 Nm) pada 6.500 rpm.

Tentunya motor ini juga memiliki teknologi LMW (Leaning Multi Wheel) yang membuat motor roda tiga ini bisa menikung dengan sempurna layaknya motor dua roda, yang dapat bergerak secara fleksibel.

Soal harga, motor yang akan dipasarkan pada 25 September 2025 di Jepang ini dibanderol mulai dari 572 ribu Yen (Rp 63 jutaan) untuk Tricity 125, sedangkan Tricity 155 dijual 616 ribu Yen (Rp 68 jutaan).