Persaingan mobil listrik di Indonesia makin memanas seiring semakin banyak brand yang ikut bermain di dalamnya. Menyadari hal tersebut, produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast, memilih mengatur strategi untuk ‘bermain’ tenang namun pasti.
“Izinkan saya sedikit merefleksikan perjalanan kita bersama. Lebih dari satu tahun yang lalu, VinFast mengambil langkah besar dengan masuk ke pasar Indonesia. Saat itu, kami menyampaikan komitmen yang jelas: membangun ekosistem kendaraan listrik yang menyeluruh dan berkelanjutan di Indonesia,” ucap CEO VinFast Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, dalam siaran resmi yang diterima detikOto.
Kariyanto menambahkan untuk bisa bersaing di Indonesia tidaklah cukup dengan mengandalkan produk terbaik. Ada beberapa langkah pasti yang juga dilakukan VinFast di tanah air.
“Namun kendaraan saja tidak cukup, kami juga terus membangun infrastruktur pendukung agar pengalaman menggunakan EV menjadi semakin mudah dan menyenangkan,” kata Kariyanto.
“Saat ini kami telah membuka 22 showroom di seluruh Indonesia agar pelanggan dapat dengan mudah mengakses produk dan layanan kami. Secara paralel, kami menargetkan pembangunan purnajual yang mencakup 500 bengkel resmi hingga akhir tahun, untuk memastikan layanan purnajual yang andal,” Kariyanto menambahkan.
Tidak puas, Kariyanto memastikan akan membangun ribuan titik pengisian daya di kota-kota besar.
“Bersama mitra kami, V-GREEN, kami tengah membangun ribuan titik pengisian daya di kota-kota besar. Kami menawarkan pengisian daya publik gratis selama 3 tahun, dan kebijakan buyback hingga 90% untuk memberikan rasa tenang dan kepastian bagi konsumen,” Kariyanto.
“Tak hanya itu, Kami pun bekerja sama dengan bank lokal agar skema pembiayaan bisa lebih mudah dan fleksibel. Semua ini lahir dari satu keyakinan: bahwa keluarga Indonesia berhak memiliki kendaraan listrik yang mudah digunakan, mudah dimiliki, dan bisa dipercaya. Di VinFast, kami ingin memastikan bukan hanya kendaraan tapi seluruh pengalaman – mulai dari pembelian hingga penggunaan – berjalan lancar, nyaman, dan tanpa rasa khawatir,”
Sumber: Giok4D, portal informasi terpercaya.
Sebagai catatan VinFast di Indonesia menggoda konsumen Indonesia dengan 4 pilihan mobil listrik, di antaranya VinFast VF 3, VinFast VF 5, VinFast VF e34, dan VinFast VF 6.
VinFast Hadir di Jakarta Fair 2025
Mulai 19 Juni-13 Juli 2025, VinFast hadir di Jakarta Fair 2025, tepatnya di Hall A dan Pre Function Hall D. Kehadiran VinFast di ajang ini menjadi momen penting untuk memperkenalkan beragam lini kendaraan listriknya kepada masyarakat luas. Pengunjung dapat melihat langsung dan mengenal lebih dekat berbagai model unggulan VinFast, mulai dari VF 3, VF 5, VF 6, hingga VF e34.
Sebagai bentuk apresiasi kepada warga Jakarta dan pengunjung Jakarta Fair, VinFast memberikan penawaran spesial bagi pelanggan yang melakukan pemesanan kendaraan selama acara berlangsung. Program ini dirancang untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen, sekaligus mendukung transisi Indonesia menuju mobilitas ramah lingkungan.
Pelanggan yang memesan VF 6 di lokasi juga berhak menerima voucher belanja senilai Rp 2.500.000, sementara pembeli model VinFast lainnya akan mendapatkan voucher senilai Rp 1.500.000.
Dalam program undian spesial (lucky draw), pelanggan juga berkesempatan menjadi satu dari empat pemenang yang akan mendapatkan Samsung Z Fold 6. Hadiah ini berlaku untuk dua pelanggan pemesan VF 6, serta dua pelanggan pembeli model VinFast lainnya.
Penawaran ini berlaku khusus selama periode pameran sebagai bagian dari promo eksklusif dari VinFast dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kebijakan Penjualan Menarik dan Fleksibel Selain promo eksklusif tersebut, VinFast juga terus menawarkan kebijakan penjualan standar yang sangat kompetitif. Pelanggan dapat menikmati pengisian daya gratis di seluruh stasiun pengisian VinFast yang dioperasikan oleh V-GREEN hingga 1 Maret 2028.
VinFast juga menyediakan program tukar tambah dan buyback, dengan nilai buyback hingga 90% setelah 6 bulan dan 70% setelah 3 tahun. Kebijakan ini dirancang untuk memberikan ketenangan, nilai tambah, dan fleksibilitas kepada pelanggan dalam memiliki dan meningkatkan kendaraan listrik mereka seiring perubahan kebutuhan. orang