Produsen roda empat asal Jepang, Daihatsu menjadi raja mobil ‘murah’ di Indonesia selama kuartal pertama tahun ini. Karuan saja, kendaraan mereka menjadi yang terlaris di segmen di bawah Rp 300 juta!
Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan, di tengah penurunan kelas menengah di Indonesia, penjualan mobil ‘murah’ Daihatsu menjadi yang tertinggi di Tanah Air. Hal tersebut, menurutnya, menjadi kabar baik untuk perusahaan.
“Kami peringkat pertama di segmen mobil harga di bawah Rp 300 juta. Market share-nya 34,5 persen,” ujar Sri Agung Handayani saat menyampaikan materi di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis malam (17/7).
Segmen tersebut memang menjadi sasaran utama Daihatsu di pasar Indonesia. Menurut Agung, 70 persen konsumennya merupakan first buyer atau pembeli kendaraan pertama. Sementara 80 persennya membeli mobil secara kredit atau dicicil setiap bulan.
Sebagai catatan, hampir seluruh produk Daihatsu yang dijual di Indonesia dibanderol di bawah Rp 300 juta. Misalnya seperti Daihatsu Ayla, Sigra, Xenia, Rocky dan lainnya. Itulah mengapa, rasanya tak heran jika mereka menjadi raja di segmen tersebut.
Penjualan Daihatsu Q1 2025
Selama semester 1 tahun ini, Daihatsu mencatat penjualan 66.716 unit kendaraan dengan market share 17,1 persen. Catatan tersebut kembali menempatkan mereka sebagai runner up atau persis di bawah Toyota.
Pada periode itu, beberapa model mobil Daihatsu menjadi pilihan utama di segmennya, seperti Sigra 20.612 unit dengan segment share 57% di LCGC MPV, Gran Max Pick Up 18.023 unit (58% Pick Up Low segment share), Gran Max Mini Bus 6.423 unit (90% Semi Commercial segment share) dan Luxio 1.257 unit (60% Semi Bonnet segment share).
“Kami menyampaikan terima kasih setulus hati kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan dan kesetiaan yang luar biasa, sehingga Daihatsu berhasil menjaga posisi di peringkat dua pasar otomotif nasional hingga pertengahan tahun ini,” tutur Agung.
“Pencapaian ini menjadi semangat bagi kami untuk terus menghadirkan produk berkualitas, layanan penjualan terbaik, dan akan terus berinovasi untuk memastikan kemudahan layanan purna jual di seluruh Indonesia,” kata dia menambahkan.