Karya seni memang tidak ada batasnya. Nggak cuma di secarik kertas, kanvas, kayu, atau tembok, sebuah bus TransJakarta juga bisa menjadi wadah para seniman berkreasi. Karya unik kali ini merupakan Kolaborasi ambisius sebagai bagian dari peringatan HUT ke-80 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai sinergi Kementerian Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Transjakarta, Tale X dan MaxDecal.
Walhasil tujuh bus TransJakarta penuh dengan gambar, dijadikan kampanye “Maju Dari Aku” yang menampilkan tujuh karakter IP lokal yang telah dikurasi Kemenkraf dan Tale X (sebuah rumah kreatif lokal), yakni Tenka Street, Beemala, Agus, Starla x Zivana, Miyu, Kembu Club, dan IP Jakarta JeKaTe.
Dijelaskan masing-masing seniman lokal ini merepresentasikan keragaman ide, budaya, dan karakter khas Indonesia. Kini, visual branding penuh warna mereka menghiasi eksterior tujuh armada bus Transjakarta.
Untuk mendukung karya para seniman lokal kali ini, MaxDecal sebagai pelopor stiker berkualitas tinggi untuk industri otomotif ikut mengambil bagian, dengan memastikan kualitas tampilan penuh warna yang maksimal pada karya kreatif anak bangsa bisa terlihat dengan jelas.
“MaxDecal sebagai supporting strategic partner Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) turut dalam kolaborasi itu. Kehadiran produk MaxDecal adalah simbol komitmen membawa karya kreator lokal tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga diperkenalkan ke panggung global,” kata Project Director & RnD MaxDecal, Nofian Hendra.
MaxDecal dikatakan berperan krusial dalam ‘penyulapan’ visual branding penuh warna pada eksterior tujuh armada bus Transjakarta itu. Menurut Nofian, MaxDecal dipercaya untuk memberikan hasil cetak yang maksimal. “Karena warna dan hasil cetak sangat mempengaruhi image dari hasil IP itu sendiri,” timpalnya.
Nofian menjelaskan, produk-produk terbaik MaxDecal sangat tepat digunakan di pada sektor otomotif termasuk transportasi publik di darat, laut dan udara yang membutuhkan tampilan beragam warna menarik dengan kualitas terbaik, tahan terhadap berbagai tantangan cuaca. “Dukungan MaxDecal dalam kampanye kali ini menjadi pembuktian kualitas produk premium kami,” tambahnya.
Untuk memastikan setiap detail visual IP lokal tampil memukau dan tahan banting menghadapi iklim Jakarta, MaxDecal menggunakan stiker premium jenis MaxDecal Commercial Printing Film LMP85 dikombinasikan dengan Super Gloss Overlaminating Film ECL120 pada tujuh bus Transjakarta itu. “Keunggulan jenis ini terletak pada warna yang lebih vibran dan solid, serta didukung teknologi Dry Glue agar proses finishing menjadi lebih baik,” terang Nofian.
Ia mengakui salah satu tantangan dalam pemasangan stiker di bus ini adalah dalam proses prepress untuk layout pada design. Sementara proses pemasangannya sangat tergantung kepada banyaknya design. Contoh untuk pemasangan bus Transjakarta ini, membutuhkan waktu 8-12 jam setiap unitnya.
“Proses pemasangan stiker pada setiap unit bus Transjakarta membutuhkan ketelitian tinggi dan MaxDecal berkomitmen penuh demi hasil terbaik,” imbuhnya.
Tampilan produk MaxDecal yang berkualitas seperti pada bus Transjakarta ini, lanjutnya, sangat penting mengingat transportasi publik tidak hanya menjadi wahana angkutan dan mobilitas warga semata tapi juga bisa menjadi sarana promosi dan platform penyampaian pesan bagi perusahaan maupun kampanye publik yang menginspirasi.
Melalui kolaborasi kampanye di Transjakarta ini, karya kreator lokal akan berlalu lalang melintasi jalanan utama ibu kota dan menjadi perhatian, tidak hanya bagi warga kota Jakarta, tetapi juga bagi dunia. Jakarta, sebagai kota global, menjadi etalase yang mempertemukan budaya lokal dengan khalayak dunia lewat bus Transjakarta.