Toyota membawa slogan anyar pada ajang Japan Mobility Show 2025. Di tengah langkah besar pengurangan emisi dan dipamerkannya banyak mobil masa depan, Toyota hadir dengan pesan paling personal: apa yang bisa kami bantu untuk kebutuhan mobilitas kalian?
Tou You, Toyota secara harfiah artinya sederhana saja: Untukmu, Toyota. Tapi kalau mau dipahami secara filosofis, ini bisa diartikan bahwa Toyota menempatkan individu (pelanggan) sebagai pusat semua inovasi mobilitas yang mereka kembangkan.
Toyota mengambil langkah ini karena menyadari bahwa setiap individu dan konsumen sejatinya punya kebutuhan, gaya hidup, dan juga keinginan yang berbeda. Termasuk memahami kebutuhan dan ketersediaan sumber daya di masing-masing negara — untuk kemudian disesuaikan dengan teknologi yang bisa digunakan pada mobil-mobilnya melalui konsep Multi Pathway.
“Kami sudah bekerja keras untuk membuat ‘Mobilitas untuk semua’ menjadi kenyataan. Tapi ketika berdiri di depan pembuatan itu semua, selalu ada sesuatu yang terasa kurang. Sesuatu itu adalah apa yang sering kita sebut ‘untuk semua’. Padahal kenyataannya tidak ada satupun produk yang cocok untuk semua orang,” ucap Koji Sato, President dan CEO Toyota Motor Corporation.
“Apa yang kami pikirkan saat membuat sebuah produk adalah: Kami ingin membantu seseorang, kami ingin membuat seseorang tersenyum,” lanjut Sato di atas panggung pembukaan booth Toyota pada ajang Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang.
Toyota menjabarkan filosofi ‘To You, Toyota’ ini melalui beberapa langkah yang sejatinya sudah mengalir dalam darah mereka sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya strategi multi pathway.
Langkah paling nyata dari semangat To You ini memang menegaskan lagi strategi Multi Pathway. Toyota sadar betul kalau transisi menuju nol emisi tidak bisa dipaksakan hanya dengan satu jenis teknologi saja (dalam hal ini mobil BEV). Toyota selalu menekankan bagaimana mereka ingin membantu pelanggannya yang ingin berkontribusi terhadap penurunan emisi namun belum bisa memilih mobil full listrik. Atas dasar itulah lantas meluncur banyak pilihan jenis penggerak, mulai dari hybrid, plug-in hybrid, sampai bahan bakar hidrogen dan bio fuel.
Toyota memahami kalau setiap negara punya ‘modal’ kekayaan energi dan juga karakter pasar yang berbeda. Karena itulah ditawarkan pilihan mobilitas paling optimal yang sesuai dengan kondisi lokal tiap wilayah/negara. Bisa dibilang ini adalah bentuk paling nyata dari jargon ‘To You’.
Masih dari atas panggung Japan Mobility Show, semangat To You juga bisa dilihat pada banyak perangkat mobilitas yang dipamerkan.
Mulai dari perangkat mobilitas anak-anak yang diberi nama Kids Mobi, kursi roda yang siap dibawa bertualang ke medan berat, sampai HiAce konsep yang canggih serta Land Cruiser FJ yang jadi magnet besar. Ada juga alat bantu jalan untuk disabilitas, teknologi pengangkut barang seperti Chibibo dan KB Lifter, sampai produk lawas yang bikin pangling yakni Corolla konsep.
Kendaraan-kendaraan dan teknologi itu semua bisa diartikan sebagai jawaban dan solusi Toyota terhadap tantangan mobilitas yang berbeda antara satu orang dengan yang lain, antara satu negara dengan wilayah lain. Toyota menjawab itu semua dengan solusi yang berdasarkan konteks atau kebutuhan penggunanya.
