Toyota siap naik kelas ke segmen super mewah dengan memperkenalkan mobil premium baru bernama Century. Jika sebelumnya Century adalah nama mobil sedan dan SUV mewah Toyota, maka pada strategi terbaru Toyota ini Century akan dijadikan sebagai merek mewah terpisah dan posisinya di atas Lexus.
Melalui media resminya, Toyo Times, Toyota Motor Corporation mengumumkan strategi baru untuk lima mereknya, termasuk peluncuran Century anyar yang kini hadir dalam bentuk coupe dua pintu. Langkah ini disebut-sebut sebagai upaya Toyota untuk bersaing langsung dengan mobil mewah seperti Rolls-Royce dan Bentley.
Mengutip laman Respons, CEO Toyota Akio Toyoda bersama Simon Humphreys, Kepala Desain di Brand Creation Office, menjelaskan bahwa Century akan jadi puncak dari lini produk Toyota. Nantinya, merek Century akan berada di segmen paling atas, diikuti Lexus, GR, Toyota, dan Daihatsu.
Untuk memperkenalkan merek Century, Toyota pun membuat sebuah iklan yang memperlihatkan mobil terbaru Century dengan wujud coupe dua pintu warna oranye terang, kontras dengan citra klasik Toyota Century sebelumnya yang berwarna hitam.
Iklan tersebut menggambarkan transformasi Century sebagai simbol era baru. Paruh pertama video menampilkan sejarah Century dalam nuansa warna hitam putih, kemudian bagian kedua menampilkan mobil coupe oranye dengan lampu depan dua tingkat.
Di media sosial X (sebelumnya Twitter), warganet pun langsung heboh. Banyak yang penasaran dengan mekanisme pintu unik mobil ini dan menebak harganya bakal ‘selangit’. Ada warganet yang memperhatikan konsep pintu mobil Century yang digeser ke depan, ada juga warganet yang ingin mobil ini menggunakan mesin V12.
Sebagian lain warganet menyebut Century coupe ini sebagai ‘Wraith-nya Jepang’, membandingkannya langsung dengan Rolls-Royce Wraith. Dengan hadirnya sedan, SUV, dan kini coupe, banyak yang percaya Century akan tumbuh menjadi merek mewah independen layaknya Rolls-Royce versi Jepang.
Century coupe terbaru dijadwalkan tampil perdana di Japan Mobility Show 2025, yang dibuka untuk publik mulai 30 Oktober mendatang. Ini bisa jadi langkah bersejarah bagi Toyota menuju segmen mobil super mewah.