Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selama bulan lalu masih ditopang Suzuki Carry. Tak main-main, pikap ‘sejuta umat’ itu menyumbang 55,4 persen dari total penjualan pabrikan selama periode tersebut.
Randy R. Murdoko selaku Dept Head of 4W Sales PT SIS mengatakan, angka itu diraih berkat pengalaman, kepuasan, dan kepercayaan pelanggan terhadap kendaraan yang selama 40 tahun lebih telah setia menemani bidang usaha Indonesia.
“Aktivitas distribusi usaha menengah, kecil dan mikro yang semakin intensif membutuhkan armada bisnis handal dan mumpuni. Pergerakan itu turut kami rasakan, melalui pemesanan New Carry yang meningkat 21% dibanding bulan April pada berbagai jaringan outlet Suzuki,” ujar Randy melalui rilis resmi, dikutip Kamis (19/6).
Berdasarkan wilayah, Jabodetabek tercatat sebagai kontributor terbesar penjualan New Carry, terutama dari sektor perdagangan dan jasa. Kendaraan ini dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan niaga, seperti distribusi barang, logistik harian, hingga pengangkutan bahan pangan.
Di sisi lain, di wilayah Bali juga mengalami peningkatan permintaan untuk memenuhi kebutuhan sektor pariwisata, hotel, dan restoran. Sementara itu, Jawa Timur menonjol lewat aktivitas perdagangan antar wilayah yang padat, dengan New Carry menjadi mitra andalan para pelaku usaha mikro dan menengah di area urban maupun sub-urban.
Dari sisi demografi, mayoritas pembeli New Carry merupakan pelaku usaha menengah yang mengandalkan kendaraan untuk kegiatan operasional harian. Sebagian besar berasal dari sektor perdagangan, seperti distributor bahan bangunan, makanan dan kebutuhan pokok, serta sektor jasa seperti logistik, antar-jemput barang, hingga servis keliling.
“Kami melihat tren pertumbuhan kendaraan usaha kecil akan terus berlanjut seiring meningkatnya kebutuhan distribusi di berbagai sektor usaha. New Carry merupakan pilihan utama pelaku usaha untuk menjalankan rutinitas distribusi mereka, dengan kelebihan seperti daya angkut besar, konsumsi BBM efisien, dan biaya perawatan yang ramah bagi operasional bisnis,” kata Randy.
Demi mendukung penjualan sekaligus memberikan nilai tambah bagi konsumen, Suzuki menghadirkan program pembelian menarik untuk setiap pembelian New Carry dengan promosi berupa bonus 2 ban gratis serta E-Money senilai Rp 1 juta setiap unit pembelian.