Mobil pengantara menu makan bergizi gratis (MBG) mengalami kecelakaan di SDN Kalibaru 01 Pagi, Cilincing, Jakarta Utara. Mobil Daihatsu Gran Max itu nyelonong masuk pagar sekolah dan menabrak sejumlah siswa yang tengah berkumpul di lapangan sekolah tersebut.
Polisi menyebut, sopir mengaku salah menginjak pedal. Seharusnya ngerem, yang diinjak justru pedal gasnya.
“Jadi keterangan dari si sopir, itu kan sekolahnya di atas, tanjakan. Nah kebetulan dia memang mau mengantarkan makanan itu ke sekolah. ini keterangan sementara ya, bukan pasti ya, sementara. Dia mau naik ke atas itu, mau ngerem, katanya remnya nggak pakem kan, karena takut mau nabrak (mundur), dia injek (rem) yang dalam, nah kirain itu (rem), ternyata gas,” jelas Kapolsek Cilincing Kompol Bobi Subasri saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (11/12/2025).
“Itu untuk sementara ya, tapi kita belum bisa ini, masih olah TKP dulu ya,” kata Bobi.
Pelajaran Penting Jangan Sampai Terulang Lagi
Praktisi keselamatan berkendara yang juga anggota Kebijakan dan Advokasi Berkendara Direktorat Keselamatan Berkendara Ikatan Motor Indonesia (IMI) Erreza Hardian mengatakan, distribusi menu MBG ini tidak bisa dianggap sepele. Apalagi, program ini menyasar anak-anak sekolah.
“Bahwa kita sudah waktunya bukan lagi reaktif, nunggu ada insiden baru aktif bereaksi. Tetapi bahwa transportasi itu ada manajemennya. Apakah masuk dalam program MBG soal mobilitas ini dan menjadi bagian dari sebuah sistem dan bukan hanya soal ‘mengantar’?” kata Reza kepada detikOto, Kamis (11/12/2025).
Reza bilang, banyak ekspert di industri logistik yang menggunakan instruksi kerja yang tepat. Instruksi itu bisa diadopsi oleh pelaku MBG kepada pengemudinya sesuai dengan SOP proses distribusi.
“Saya saat ini ada di Direktorat SADAR (keselamatan berkendara) , komisi kebijakan dari Ikatan Motor Indonesia, bahwa harus ada kampanye untuk mengubah kesadaran pengguna jalan, bahwa mobilitas itu ada komponen keselamatan dan keamanannya apabila yang dibawa juga logistik,” katanya.
Kok Bisa Sopir Salah Injak Pedal?
Menurut Reza, ada beberapa faktor yang membuat pengemudi salah menginjak pedal. Bisa karena pengemudi lelah, atau bahkan ada faktor yang mengganggu konsentrasinya.
“Lalu lintas macet, loading dan unloading itu membuat pengemudi bekerja berat dan perlu dibekali teknis yang baik dalam bekerjanya. Selain itu, kendaraaan (pengangkut barang) dengan titik buta juga memberikan pandangan terbatas yang menimbulkan efek kubikal dari si pengemudi beda dengan membawa kendaraan operasional kantor apalagi pribadi,” jelasnya.
Lebih lanjut dijelaskan Reza, mobil jenis minibus Gran Max itu memiliki tiga pedal yang berdekatan, yaitu pedal gas, rem dan kopling. “Nah mereka pengemudi injeknya pakai apa tuh sandal, sepatu atau sepatu safety? Pengaruhnya ya itu makin nempel atau malah bisa ngeganjel karena konstruksi pedal-pedalnya deketan,” kata Reza.
Reza juga menyoroti teknik berkendara saat memosisikan kaki di pedal-pedal. Menurutnya, ada pengendara yang menggunakan dua kaki untuk menginjak pedal gas dan rem. Padahal, seharusnya hanya satu kaki saja bergantian antara pedal gas dan rem.
“Juga tentang barang-barang di dekatnya, clear nggak tuh. Atau sukanya malah ada karpet atau apa lah yang ganggu. Orang lelah karena macet pagi hari itu ya sangat mungkin salah, lupa dan keliru kalau sudah lelah dan banyak pikiran. Mikir bongkar muatnya aja bikin lelah,” sebut Reza.
Menurut Reza, kalau sudah salah injak pedal pengemudi pasti tidak bisa mengontrol kendaraan. Bukannya melepaskan kaki dari pedal, justru malah menginjak pedal lebih dalam.
“(Salah) injak rem kalau sudah lelah itu out of control banget, gigi rendah malah tenaga dorongnya (torsi) dapet banget tuh apalagi gerakan roda belakang, mendorong dan konstruksi mobil yang tinggi. Wajar banyak korban plus makin banyak muatan juga pengaruh tuh alias susah mengendalikan,” jelas Reza. pelajaran






