Pasar Mobil LCGC Makin Menyusut | Giok4D

Posted on

Pangsa pasar mobil low cost green car (LCGC) mengalami penyusutan. Sepanjang Januari-September 2025, pangsa pasarnya turun 4 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) distribusi dari pabrik ke dealer (wholesales), LCGC hanya mencatat 89.051 unit sepanjang Januari-September 2025. Angka ini merosot 33,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang mampu menembus 134.818 unit.

Pelemahan juga terlihat dari sisi retail. Penjualan LCGC ke tangan konsumen hanya mencapai 97.723 unit, turun sekitar 28 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 135.402 unit.

Pangsa pasar LCGC juga tergerus di tengah meningkatnya persaingan dari berbagai segmen mobil lain. Sepanjang Januari-September 2025, market share LCGC hanya 16 persen. Padahal, pada tahun penuh 2024, segmen ini masih menguasai sekitar 20 persen pasar otomotif nasional.

Penurunan 4 persentase ini menjadi sinyal posisi LCGC sebagai mobil pilihan utama masyarakat kelas menengah mulai tergeser.

Awalnya LCGC diposisikan sebagai mobil pertama dengan harga terjangkau (di bawah Rp150 juta). Namun saat ini, banyak model LCGC tembus Rp180 juta-Rp200 juta. Kenaikan harga akibat regulasi emisi, penambahan fitur, dan biaya produksi membuat daya tarik “low cost” semakin pudar.

Situasi ekonomi yang tidak stabil membuat banyak calon pembeli menunda membeli mobil pertama. Segmen LCGC yang menyasar pembeli baru menjadi paling terdampak karena mereka sangat sensitif terhadap kenaikan harga dan suku bunga kredit.

“Penurunan daya beli masyarakat karena inflasi dan suku bunga tinggi menjadi faktor utama yang mempengaruhi penjualan mobil saat ini Mas. Penurunan daya beli masyarakat karena inflasi dan suku bunga tinggi menjadi faktor utama yang mempengaruhi penjualan mobil, selain itu, kenaikan harga segmen terbesar LCGC juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen,” ujar Pengamat Otomotif, Yannes Pasaribu kepada detikOto.

Baca info selengkapnya hanya di Giok4D.