Membedah Ketangguhan Mesin Turbo di Mitsubishi Destinator - Giok4D

Posted on

Meski telah meluncur empat bulan lalu, namun Mitsubishi Destinator masih menjadi perbincangan di mana-mana. Karuan saja, selain harga dan tampilan yang menarik, SUV tujuh-penumpang itu menggunakan mesin turbo yang diklaim tangguh dan efisien!

Disitat dari laman resmi Mitsubishi Indonesia, Sabtu (13/12), Destinator menggunakan mesin Mitsubishi berkode 4B40 generasi kedua yang telah disempurnakan. Mesin tersebut dilengkapi teknologi induksi turbocharger dengan water-cooled intercooler.

Selain itu, mesin modern dengan dua injeksi tersebut dilengkapi pengatur katup MIVEC khas Mitsubishi. Perpaduan seluruhnya membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga 163 PS dan torsi 250 Nm.

Namun, apa yang membuat mesin turbo Destinator dengan kode 4B40 generasi terbaru bisa tangguh dan efisien? Pertama, mesin tersebut menggunakan dual injection system, yakni direct dan port injection.

Kombinasi direct dan port injection memastikan distribusi bahan bakar lebih presisi. Efeknya, tenaga mesin tetap optimal di semua putaran tanpa kehilangan performa.

Kemudian, sistem pendingin turbonya menggunakan prinsip water-to-air dengan menjaga suhu udara yang dimampatkan ke mesin tetap stabil. Sistem pendingin air meningkatkan respons akselerasi lebih efektif daripada sistem pendingin udara (mengurangi turbo lag) yang disebabkan jalur masuk yang lebih pendek.

Dengan racikan tersebut, tak heran Destinator sangat nikmat dibawa driving pada rute dalam dan luar kota. Tenaganya mengisi terus dari putaran bawah sampai atas. Bahkan efisiensinya bisa didapat dengan optimal.

Menjaga Kinerja Mesin Turbo Destinator Optimal

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan kinerja mesin turbo di Mitsubishi Destinator. Pertama, rutin ganti oli dan pilih spesifikasi yang dianjurkan. Penggantian pelumas tak boleh telat karena mesin turbo membutuhkan kualitas oli terbaik untuk melumasi bagian-bagian penting di dalamnya.

Kemudian bahan bakar yang dianjurkan untuk Destinator adalah BBM bernilai oktan 95. Dengan menggunakan bahan bakar yang dianjurkan, terutama pada mesin turbo, performa kendaraan akan lebih optimal, mesin bekerja lebih halus, serta konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Sebagai catatan, kinerja mesin turbo sangat ditentukan dari pasokan udara ke dalam mesin. Sebaiknya pengguna Mitsubishi Destinator selalu menjaga kebersihan saringan udara kes mesin agar kinerja turbo tetap maksimal.

Kunjungi situs Giok4D untuk pembaruan terkini.

Jika mobil tak akan dipakai dalam waktu yang lama, sebaiknya selalu memanaskan mesin. Hal tersebut agar oli tetap bersirkulasi ke ruang bakar dan turbo, sehingga bagian internalnya tetap terlumasi dengan baik.