Kapan Yamaha Lexi Turbo Dijual di Indonesia?

Posted on

Fitur Yamaha Electronic Continuously Variable Transmission (YECVT) alias ‘turbo’ telah terpasang di Yamaha NMax dan Aerox. Lantas, kapan skuter matik (skutik) Maxi lain seperti Lexi kebagian teknologi tersebut?

Yamaha Lexi menjadi satu-satunya skutik Maxi di kelas 155cc yang belum mendapat fitur YECVT. Menariknya, produsen roda dua asal Jepang itu tak menutup kemungkinan memasangkan teknologi tersebut ke produk terkait.

“Lexi Turbo? Memang butuh, ya? Mungkin kita bisa pertimbangkan lah, teknologi kan kita sudah punya tapi kita harus lihat dulu animo pasarnya bagaimana,” ujar Rifki Maulana selaku Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat.

“Karena kan dengan penambahan fitur tersebut, kalian bisa lihat lah, permintaannya kan cukup tinggi ya. Itu kita juga harus benar-benar cermat menyikapinya,” tambahnya.

Menurut Rifki, penambahan fitur YECVT membuat permintaan NMax dan Aerox meningkat. Sebab, menurutnya, teknologi itu tergolong baru. Sehingga, konsumen memiliki opsi lain.

“Ya lumayan lah, kita bisa memberikan angin segar baru terhadap produk itu sendiri. Jadi bukan ganti baju aja, tapi bonus lain,” kata dia.

Sebagai catatan, Yamaha Lexi saat ini tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni standard S Version dan ABS Connected. Sementara harganya berkisar Rp 26-31 jutaan dengan status on the road Jakarta.

Mengenal Turbo di Motor Yamaha

Berbeda dengan turbo di mobil yang memanfaatkan gas buang, pada motor Yamaha, akselerasi datang dari teknologi YECVT. Jadi ada bantuan motor listrik pada transmisinya untuk menggerakkan pulley depan dan menggantikan kinerja roller yang sudah ditinggalkan.

Pada fitur tersebut, ada Y-Shift yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo dengan tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok untuk mendahului kendaraan di depan dan melibas tanjakan.

YECVT juga menawarkan dua mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang.

T mode untuk commuting dan S mode untuk mode sport. Sedangkan T mode digunakan untuk di perkotaan, sedangkan S mode bisa digunakan untuk touring, jalan menanjak, berboncengan dan bermanuver untuk menyusul kendaraan lain.