Raksasa otomotif asal China, Chery, sudah memiliki sub brand seperti Omoda, Exeed, Jaecoo, hingga iCar. Seolah belum puas, Chery kembali memperkenalkan brand baru yang mereka namakan Lepas. Apa alasan Chery membuat banyak brand mobil baru?
Dijelaskan President of Chery International, Zhang Guibing, menjelaskan alasan mengapa Chery meluncurkan brand baru lagi. Zhang bilang, sebagai perusahaan besar, Chery dituntut untuk terus berinovasi mengembangkan produknya, juga meningkatkan penjualannya. Maka diferensiasi produk, adalah salah satu strateginya.

“Jadi dalam lima tahun terakhir kami telah meningkat dengan sangat cepat. Karena ini, Chery jadi pusat perhatian, baik dari merek-merek internasional maupun merek-merek China,” ungkap Zhang Guibing di Wuhu, belum lama ini.
“Karena masalah tersebut kami mendapatkan tekanan yang besar. Namun akhirnya kami menemukan cara terbaik untuk terus tumbuh dan berkembang,” sambungnya. Zhang pun mengungkap alasan Chery meluncurkan brand baru lagi. Kata dia, semua brand Chery yang ada yang sebelumnya, tidak dapat memenuhi seluruh permintaan pasar. Sebab target konsumen berbeda-beda.
“Sebenarnya banyak orang bertanya kepada saya, kenapa sih Chery punya terlalu banyak merek atau brand? Jadi ketika Anda melihat masa depan Chery, sebenarnya kami itu membuat empat brand. Ada seri Tiggo yang memiliki karakter kuat dan cepat, lalu ada Omoda yang unik dan trendi, tapi ada juga Jaecoo yang gayanya kami banget,” kata Zhang lagi. Sementara untuk brand Lepas, dalam pemaparannya akan memiliki karakter yang chic dan soft. Zhang ditujukan untuk konsumen muda yang stylish.
“Jadi, saya harap, dengan cara seperti itu (memperkenalkan banyak merek), kita benar-benar dapat memenangkan pasar. Kondisi sekarang sangat berbeda. Dengan memakai platform yang sama, tetapi merek yang berbeda, volumenya akan menjadi sangat besar. Jadi dengan cara ini, memberi kita peluang yang sangat bagus. Kita benar-benar bisa mengendalikan cost produksi dengan baik,” sambung Zhang.
Lanjut Zhang menegaskan, mengapa Chery memerlukan empat merek yang berbeda, tujuannya adalah untuk memenuhi banyak selera pelanggan. “Pelanggan memiliki selera berbeda-beda. Ada berbagai style, ada berbagai selera. Jadi saya harap Anda bisa paham,” tukasnya.