Hampir 17 Tahun, Daihatsu Langganan Peringkat 2 Merek Terlaris di Indonesia

Posted on

Dalam dunia otomotif nasional, Toyota selalu menjadi raja penjualan. Tapi ada satu merek yang tak pernah jauh dari puncak: Daihatsu. Selama hampir 17 tahun terakhir, mereka konsisten menempati posisi kedua penjualan mobil terbanyak di Indonesia.

Daihatsu telah menjadi runner up merek terlaris di Indonesia sejak 2009. Meski banyak nama-nama baru berdatangan, termasuk dari China, posisi mereka tak pernah tergeser hingga sekarang.

Mari kita membahas penjualan mobil Daihatsu di Indonesia. Mereka, selama semester 1 tahun ini, mencatat penjualan 66.716 unit dengan market share 17,1 persen. Bukan hanya menjadi runner up secara umum, mereka menjadi ‘raja’ di segmen Rp 300 juta ke bawah dengan pangsa pasar 34,5 persen.

Pada periode tersebut, beberapa model mobil Daihatsu menjadi pilihan utama di segmennya, seperti Sigra 20.612 unit dengan segment share 57% di LCGC MPV, Gran Max Pick Up 18.023 unit (58% Pick Up Low segment share), Gran Max Mini Bus 6.423 unit (90% Semi Commercial segment share) dan Luxio 1.257 unit (60% Semi Bonnet segment share).

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan, raihan tersebut membuktikan penjualan Daihatsu secara total didukung empat model tersebut dengan kontribusi 70 persen.

“Kami menyampaikan terima kasih setulus hati kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan dan kesetiaan yang luar biasa, sehingga Daihatsu berhasil menjaga posisi di peringkat dua pasar otomotif nasional hingga pertengahan tahun ini,” ujar Sri Agung Handayani di kawasan Jakarta Selatan, Kamis malam (17/7).

“Pencapaian ini menjadi semangat bagi kami untuk terus menghadirkan produk berkualitas, layanan penjualan terbaik, dan akan terus berinovasi untuk memastikan kemudahan layanan purna jual di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Sebagai bentuk apresiasi Daihatsu terhadap kepercayaan pelanggan dan terinspirasi dari semangat kemerdekaan Indonesia, Daihatsu menghadirkan Program Spesial Gebyar Merdeka: Bahagia Sejak Pertama yang berlaku sejak 1 Juli – 30 September 2025 di seluruh Indonesia.

Hadiahnya sangat menarik, yakni 1 unit mobil modifikasi spesial kolaborasi dengan Gofar Hilman, 9 unit sepeda motor, 9 keping emas, dan 45 voucher belanja. Filosofi angka 1945 pada hadiah undian merefleksikan tahun bersejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Memasuki semester kedua 2025, kami optimis industri otomotif nasional dapat terus bertumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia,” kata Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *