GR Yaris Rally2 Mendarat di Indonesia, Speknya Gahar!

Posted on

Toyota GR Yaris Rally2 hadir pertama kalinya di Indonesia. Ini merupakan mobil performa yang didesain khusus buat balapan rally.

GR Yaris Rally2 merupakan mobil balap yang bertarung pada kelas WRC (World Rally Championship). Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) bakal memakai mobil ini untuk persaingan yang makin ketat di ajang rally dan sprint rally nasional.

Sebelumnya TGRI memakai GR Yaris AP4, mobil versi rally dari Toyota GR Yaris, yang dikembangkan oleh TGRI sendiri.

Saat menggunakan GR Yaris AP4 selama 3 musim, duo Ryan Nirwan dan Adi Indiarto berhasil meraih gelar Juara Nasional Sprint Rally 2022 dan Juara Kedua Kejurnas Rally 2022.

Selanjutnya, TGRI kembali merebut gelar Juara Nasional Sprint Rally 2023. Meskipun penuh tantangan menghadapi para pesaing yang menggunakan mobil balap Kelas Rally2, TGRI sanggup meraih Juara Pertama Kelas H2 Kejuaraan Sprint Rally 2024.

Selanjutnya TGRI telah menabung poin penting dengan merebut Podium Pertama Kejurnas Sprint Rally 2025 Seri ke-2.

Nantinya GR Yaris Rally2 bakal dipakai pebalap TGRI pada kelas RC2, naik satu tingkat dari sebelumnya Kelas RC3.

“Dengan spesifikasi Rally2 yang sama dengan mobil peserta senior lainnya, kami berharap TGRI makin kompetitif dengan race car yang lebih powerful supaya dapat berbicara banyak sehingga lebih percaya diri dalam mengejar target menyandingkan gejar juara nasional rally dan sprint rally 2025,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.

Spek GR Yaris Rally2

Mobil ini dikembangkan oleh Toyota Gazzo Racing World Rally Team (TGR-WRT). Rally2 merupakan klasifikasi mobil reli yang mengikuti peraturan yang dibuat oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) untuk bersaing dalam kejuaraan reli internasional seperti WRC, Asia-Pacific Rally Championship (APRC), dan kejuaraan nasional lainnya. Rally2 menjadi kasta tertinggi ke-2 di bawah Rally1 di ajang WRC.

Berbeda dengan Rally1 yang mengadopsi space frame, mobil Rally2 dikembangkan dari versi produksi massal.

Sasis dan mesin mobil Rally2 harus memanfaatkan model produksi dengan volume lebih dari 2.500 unit, tampilan serta desain eksteriornya wajib mencerminkan mobil asli yang menjadi basisnya.

GRYarisRally2 mengikuti spesifikasi khusus terkait sasis, output mesin, transmisi, suspensi, dan perlengkapan safety.

Soal spek mesin, GR Yaris Rally2 menggunakan dapur pacu 1.618,2 cc 3-silinder turbocharger dengan transmisi 5-percepatan dan limited-slip diferential spek balap.

Bobotnya diatur hanya 1.230 kg termasuk 1 ban serep sesuai aturan FIA. Selayaknya mobil rally, GR Yaris ini dibekali bodi baja yang disertai roll cage, demi keamanan balap.

Dari sektor pengereman terdapat upgrade, antara lain menggunakan kaliper balap 4-piston Alcon, dan diameter cakram berukuran 300 mm untuk medan gravel, dan aspal 355 mm. Kemudian shock absobers-nya memakai merek Reiger yang bisa disetel.

Lihat juga video: Tes Harian Toyota New GR Yaris: Mobil Balap yang Siap Macet-macetan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *