Populasi mobil sport Subaru tergolong banyak. Buktinya, BRZ sempat jadi tulang punggung penjualan Subaru di Indonesia.
Mobil sport dua pintu ini terkenal sebagai ‘drift machine’ karena punya kombinasi sasis yang lincah, mesin boxer bertenaga, hingga karakter tenaga yang pas untuk nge-slide.
Secara performa, BRZ memang nggak bisa diremehkan. Dengan mesin Horizontally Opposed 4 silinder 2.400 cc, mobil ini bisa melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 6,3 detik.
Tenaga yang dihasilkan mencapai 237 PS di 7.000 RPM dan torsi 250 Nm di 3.700 RPM. Angka yang cukup buas untuk ukuran mobil sport Jepang dengan konfigurasi penggerak roda belakang.
Per artikel ini dimuat, Subaru Indonesia memasarkan BRZ dalam dua tipe, yakni BRZ MT EyeSight dan BRZ AT EyeSight. Harganya pun hanya selisih Rp 10 juta, dengan versi manual dibanderol Rp 920 juta, sementara varian otomatis Rp 930 juta.
Yang menarik, saat detikOto mengetes mobil ini, kami sempat mengintip STNK Subaru BRZ 2.4 EyeSight AT lansiran 2022. Untuk unit yang terdaftar di Jakarta, tercatat Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp 10.455.000 per tahun.
Kalau dibandingkan dengan statusnya sebagai mobil sport eksotik yang diimpor utuh dari Jepang, angka itu bisa dibilang cukup ramah kantong.
Bahkan, jauh lebih murah ketimbang mobil premium Jepang lain. Sebagai gambaran, Toyota Alphard Hybrid 2025 yang juga terdaftar di Jakarta, pajaknya tembus Rp 26 juta per tahun.
Artinya, buat pecinta mobil sport yang mengincar keseruan berkendara dan tidak ingin terlalu pusing soal pajak tahunan, Subaru BRZ bisa jadi opsi menarik.
Dengan harga di bawah Rp 1 miliar, performa buas, dan pajak tahunan yang relatif bersahabat, nggak heran mobil ini sempat jadi andalan Subaru di Indonesia.
Saksikan Live DetikPagi: