Ciri dan Dampak Mobil Bekas 0 Kilometer: Harga Murah, Rasa Baru

Posted on

Di China sedang marak fenomena mobil bekas nol kilometer. Aslinya sih mobil baru, tapi dijual di pasar mobil bekas.

Dikutip Carnewschina, mobil bekas nol kilometer tersebut adalah kendaraan yang telah terdaftar tapi tidak pernah dikendarai. Mobil jenis itu sekarang membanjiri pasar mobil bekas.

Inti dari fenomena mobil bekas nol kilometer di China terletak pada proses di mana kendaraan baru didaftarkan sebagai mobil yang terjual, sering kali ke dealer afiliasi atau platform pihak ketiga, dan kemudian dijual kembali sebagai mobil bekas meskipun jarak tempuhnya sedikit atau tidak ada sama sekali.

“Manuver ini memiliki banyak tujuan: membantu produsen mobil mencapai target penjualan, memungkinkan dealer untuk melepas stok yang tidak terjual, dan, dalam beberapa kasus, memanfaatkan subsidi atau kebijakan ekspor yang terkait dengan status registrasi kendaraan,” tulis Carnewschina.

Ciri-ciri Mobil Bekas 0 Kilometer

Konsumen di China disarankan untuk meneliti daftar yang ditandai sebagai mobil ‘hampir baru’. Konsumen diminta untuk membandingkannya dengan harga resmi agar tidak terkejut.

Kendaraan bekas nol kilometer biasanya ditawarkan dengan harga murah. Bahkan, diskonnya lebih dari 30 persen dibanding mobil baru.

Jika perbedaan harga sangat tipis – di bawah 15% – para ahli menyarankan untuk tetap membeli kendaraan baru. Hal itu demi mempertahankan cakupan garansi dan ketenangan pikiran. Namun, jika diskon besar lebih besar daripada kerugiannya, pembeli harus berhati-hati dan mempertimbangkan kerugiannya.

Pembeli harus menggunakan nomor identifikasi kendaraan (VIN) untuk memverifikasi tanggal registrasi, catatan servis, dan klaim asuransi. Memilih dealer yang memiliki reputasi baik, menuntut perjanjian garansi tertulis, dan memastikan semua kewajiban finansial pada mobil dilunasi juga merupakan langkah penting.

Dampak buat Konsumen

Memang mobil bekas 0 kilometer harganya lebih murah ketimbang mobil baru. Namun, kendaraan ini membawa risiko tersembunyi yang signifikan. Garansi biasanya dimulai saat pendaftaran, yang berarti pembeli mobil bekas 0 kilometer dapat kehilangan perlindungan selama berbulan-bulan. Beberapa model juga disertai pinjaman yang belum dibayar atau riwayat kepemilikan yang tidak jelas. Hal itu dapat membuat konsumen menghadapi potensi masalah hukum dan keuangan.

Analis pasar memperingatkan bahwa konsekuensi jangka panjang melampaui transaksi individual. Data penjualan yang digelembungkan secara artifisial dapat menyesatkan investor, mengaburkan permintaan pasar, dan mendistorsi persaingan. Misalnya, harga mobil bekas untuk model seperti BYD Qin L anjlok 30-40% di bawah harga resmi, hal itu dapat memicu efek domino di antara model-model yang bersaing dan berkontribusi pada penurunan ekspektasi harga yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *