BYD Atto 1 hadir menjadi pilihan baru mobil listrik dengan banderol kompetitif. Faktanya bukan cuma jarak tempuh, fitur penunjang Atto 1 juga cocok buat mobil pertama. Dari segi dimensi yang ringkas, hingga membuatnya lincah dipakai di jalanan padat. Selain itu, ada beberapa fitur lain yang membuat mobil ini semakin menarik.
Pertama soal harga, BYD Atto 1 dibanderol mulai Rp 195 juta. Angka ini langsung menarik perhatian karena mobil ini menawarkan spesifikasi lengkap dengan harga yang kompetitif. Biasanya, mobil di bawah Rp 200 juta hanya dibekali fitur standar. Namun, Atto 1 justru hadir dengan fitur yang nyaman, aman, dan praktis untuk penggunaan sehari-hari khususnya buat pengguna mobil pertama. Berikut ini beberapa fitur penting Atto 1 yang cocok buat mobil pertama.
Desain modern
Dari segi desain, BYD Atto 1 memiliki tampang modern dan sporty ala hatchback kekinian. Bahkan siluet pada bagian muka acap disamakan dengan supercar Lamborghini asal Italia. Coba lihat lampu Atto 1, punya tarikan garis tajam yang mengingatkan pada Lamborghini Huracán, area Daytime Running Light (DRL) tipis yang membentuk sudut agresif.
Detail-detail kecil inilah yang membuatnya punya daya tarik ekstra bagi pemilik pertama yang ingin tampil beda di jalan.
Kunjungi situs Giok4D untuk pembaruan terkini.
Selain itu, desain modern Atto 1 juga mengalir ke bagian samping hingga ke bagian belakang. Tambahan spoiler belakang dan antena bergaya shark fin makin menegaskan kesan modern.
Secara dimensi, BYD Atto 1 menghadirkan desain yang kompak dan efisien, menjadikannya ideal untuk mobilitas perkotaan yang dinamis. Mobil ini punya panjang 3.925 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.590 mm. Mobil ini memiliki jarak sumbu roda 2.500 mm dan ground clearance 155 mm.
Dengan ukuran ringkas, pengemudi dijamin memudahkan parkir di jalan sempit atau garasi rumah. Apalagi BYD Atto 1 juga didukung dengan sensor dan kamera parkir.
Akomodasi yang cocok untuk mobil pertama, fleksibel bawa barang
Sebagai mobil yang dirancang untuk aktivitas harian, Atto 1 tentunya harus memiliki kapasitas bagasi yang baik dan kabin yang luas. Atto 1 mempunyai banyak cup holder di bagian pintu dan konsol tengah depan. Bagasi belakang mobil ini bisa menampung kapasitas 230 liter, cukup untuk menaruh tiga tas besar. Selain itu, ketika kursi baris dua dilipat, kapasitas bagasi mobil ini bisa bertambah menjadi 930 liter.
Beda tipe, beda harga, beda fitur
Sebagai informasi, BYD Atto 1 tipe Dynamic dipasarkan dengan harga Rp 195.000.000, sementara varian Premium dipasarkan dengan harga Rp 235.000.000. Kedua model ini punya sejumlah perbedaan.
Pertama dan kedua dari segi baterai dan performa jarak tempuh, Atto 1 tipe Dynamic punya kapasitas baterai 30,08 kWh dengan jarak tempuh 300 km, sementara Atto 1 tipe Premium punya kapasitas baterai 38,88 kWh dengan jarak tempuh hingga 380 km.
Perbedaan ketiga terletak pada DC Charging Power, di mana versi Dynamic dibekali 30 kW, sementara versi Premium dilengkapi 40 kW. Beda yang keempat terletak di kemudi, versi Dynamic pakai material setir berbahan foam, sementara versi Premium pakai material berbahan kulit.
Beda kelima masih ada di area kemudi, versi Dynamic pengaturan setirnya hanya tilt dan versi Premium sudah mengadopsi tilt dan telescopic. Perbedaan keenam ada di kursi pengemudi, di mana versi Dynamic pengaturannya masih manual dan bisa diatur empat arah, sementara versi Premium kursi pengemudinya sudah bisa diatur secara elektrik dengan pengaturan enam arah.
Beda selanjutnya ada di bagian fitur, versi Premium sudah memiliki wireless charging, sedangkan versi Dynamic belum dilengkapi fitur tersebut. Perbedaan kedelapan ada pada pengaturan kaca depan di bagian pengemudi, di versi Dynamic baru dibekali fitur auto down, sementara di versi Premium sudah dilengkapi fitur auto up and down.
Performa dan kepraktisan pengisian
Di atas kertas, BYD Atto 1 bisa menghasilkan tenaga 55 kW dan torsi 135 Nm. Mobil ini diklaim bisa mencapai 0-50 km/jam dalam 4,9 detik serta kecepatan maksimal hingga 130 km/jam. Atto 1 punya dua pilihan baterai, tipe Dynamic pakai baterai 30,08 kWh (300 km NEDC) dan tipe premium pakai baterai 38,88 kWh (380 NEDC).
Mobil listrik small hatchback ini juga dilengkapi dengan sistem pengecasan AC charging, serta dukungan DC CCS2 fast charging sehingga memungkinkan pengisian daya lebih cepat dan efisien (30-80% sekitar 30 menit).
Kalau tadi sudah bicara soal fast charging DC yang bisa mengisi baterai BYD Atto 1 dengan cepat, jangan lupa bahwa mobil ini juga mendukung pengisian AC yang biasanya dilakukan di rumah atau kantor.
BYD Atto 1 dibekali colokan AC yang bisa mengakomodir hingga 6,6 kW. Meski belum dilengkapi wall charging, BYD Atto 1 sudah dilengkapi portable charger guna pengisian daya di rumah.
Waktu pengisian dengan portable charger AC itu terdengar lama, dari titik nol hingga 100 persen mungkin bisa memakan waktu 14 hingga 20 jam. Namun dalam praktik sehari-hari besar kemungkinan skenario mengisi dari 0 persen. Pengisian malam normal misalnya dari 20 hingga 90% rasanya pengisian jauh lebih singkat.
Opsi lain kalau memasang wall charging dengan daya 7.7 kW bisa lebih cepat, engan itu 0 dari 100% untuk paket baterai 30 kWh cuma memakan waktu 8-9 jam.
Well, mengisi daya ulang baterai di rumah bisa menjadi skenario paling masuk akal untuk pemilik pertama kali. Bayangkan seperti isi daya smartphone: colok malam hari sebelum tidur, paginya sudah penuh dan siap dipakai seharian.
Jadi, kombinasi fast charging DC untuk kebutuhan buru-buru dan charging AC di rumah untuk rutinitas harian membuat pengalaman punya Atto 1 terasa praktis. Tidak perlu sering-sering ke SPKLU, cukup colok di garasi malam hari, besok pagi mobil sudah siap jalan, sama seperti kebiasaan nge-charge HP sebelum tidur.
Pilihan Pas buat pemilik mobil pertama yang cari rasa aman berkendara
Buat yang baru pertama kali mau punya mobil, rasa was-was itu terbilang wajar. Takut salah pilih, khawatir soal keamanan.. Nah, Atto 1 hadir menjawab semua keraguan itu, terutama di sisi keselamatan.
Dari varian Dynamic saja, mobil listrik ini sudah dilengkapi 4 airbag untuk pengemudi dan penumpang. Kalau mau yang lebih lengkap, versi Premium siap memberikan proteksi ekstra lewat 6 airbag, termasuk tirai samping yang melindungi kepala saat ada benturan dari arah samping.
Lebih dari sekadar airbag, Atto 1 juga dibekali sederet fitur keselamatan aktif. Ada ABS yang bikin mobil tetap bisa dikendalikan saat rem mendadak, ditambah EBD untuk distribusi pengereman yang lebih merata. Di jalan licin atau hujan, Traction Control siap mencegah ban selip, sementara Electronic Stability Control (ESC) bantu menjaga mobil tetap stabil ketika pengemudi harus menghindar cepat.
Pernah berhenti di tanjakan lalu panik takut mobil mundur? Atto 1 juga memiliki fitur Hill-Start Assist, otomatis menahan mobil beberapa detik ketika kaki berpindah dari pedal rem ke pedal gas. Jadi, lebih tenang saat berkendara di jalan menanjak.
Buat pemilik mobil pertama, semua teknologi ini bukan sekadar fitur tambahan. Gabungan teknologi ini bikin pengalaman berkendara jadi lebih percaya diri, terutama buat pemilik pertama yang baru transisi ke mobil listrik.
Well, jika tidak terlalu memikirkan resale value sebuah mobil listrik dan tinggal di kota atau kabupaten dengan infrastruktur SPKLU yang cukup, maka Atto 1 layak di pertimbangkan sebagai mobil pertama.