Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 menjadi magnetnya para pecinta otomotif Indonesia. Berbagai pilihan kendaraan baru yang menggoda disajikan, bagi masyarakat yang hendak memilih kendaraan untuk mobilitas. Tapi kira-kira apa sih yang menjadi pertimbangan masyarakat saat hendak menentukan pilihan kendaraan?
Pada ajang GIIAS 2025 detikOto coba menanyakan pendapat masyarakat, apa yang menjadi keputusan utama dalam memilih kendaraan. Rupanya tidak semerta-merta mengenai produk. Seperti yang disampaikan Kevin di Booth Suzuki.
“Menurut saya Suzuki Fronx ini bagus ya, apalagi setelah saya duduk dalam kabinnya. itu bagus. Lalu seberapa penting jaringan aftersales? Itu jelas sangat penting. Terlebih jika ada masalah, Jaringan aftersales atau dealer menjadi kunci, dan ini menjadi bahan pertimbangan utama dalam menentukan pembelian kendaraan,” ujar Kevin saat mengunjungi Booth Suzuki di GIIAS 2025.
Hal senada juga disampaikan Angga konsumen Suzuki yang mengendarai Suzuki Swift. Menurut Angga, Suzuki bisa menjadi referensi karena telah lama hadir di Indonesia.
“Suzuki itu terkenal banget durability-nya, kuat, dan enak. Suzuki Fronx ini bagus. Aftersales seperti Jaringan service dan dealer itu menjadi faktor terpenting sebelum mengambil keputusan untuk bisa melakukan transaksi pembelian kendaraan,” kata Angga saat mengunjungi booth Suzuki di GIIAS dan melihat secara langsung Suzuki Fronx.
Suzuki mengerti akan pentingnya Jaringan Service dan dealer, untuk itu Suzuki terus melakukan investasi memperkuat jaringan mereka. Karena Suzuki pun mengerti Suzuki jaringan aftersales bisa semakin mendekatkan diri dengan pelanggan.
Hingga akhir tahun 2024,Suzuki memiliki total 173 bengkel resmi 3S, 18 bengkel resmi 2S, dan 52Service Point.Untuk kendaraan roda dua,Suzuki menambah 2 bengkel baru, menjadikan total 77 bengkel resmi 3S dan 57 bengkel resmi 2S guna melayani pelanggan.
Selain itu, Suzuki terus menekankan pentingnya selalu menggunakan suku cadang asli. Alasannya, pelanggan akan memperoleh kepastian kualitas, daya tahan, serta kinerja komponen kendaraan sesuai standar. Mendapatkannya juga semakin mudah, seperti di Bengkel Resmi ataupun melalui mobile apps MySuzuki.
Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk memesan suku cadang asli kapan pun dan di mana saja. Pada tahun 2024, MySuzuki mencatat lonjakan transaksi suku cadang hingga 150,02%, mencerminkan kepercayaan pelanggan yang semakin kuat terhadap layanan Suzuki. suara