Honda Brio kerap langganan masuk daftar mobil terlaris di Indonesia. Honda Brio belum mendapatkan sentuhan generasi baru, sudah saatnya?
Honda Brio yang dijual di Indonesia saat ini adalah generasi kedua.Seperti diketahui, generasi pertama Honda Brio diluncurkan pada tahun 2012, sedangkan generasi kedua diluncurkan pada tahun 2018.
Honda lalu melakukan facelift Honda Brio pada 2023, New Brio Satya dan New Brio RS mendapatkan beberapa ubahan, baik dari sisi eksterior maupun interior.
Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan penyegaran terhadap model memang diperlukan. Baik berupa facelift atau all-new model, membuat mobil tetap relevan di tengah persaingan dengan model baru dari merek lain.
“Refresh memang diperlukan, tapi kami pelajari ya refresh apa yang diperlukan untuk konsumen sekarang untuk Brio. Refreshment tidak harus full,” kata Billy belum lama ini.
Meski tanpa sentuhan baru, Honda Brio masih begitu perkasa. Di segmen city car maupun LCGC, Honda Brio belum terkalahkan.
Pesona Honda Brio banyak memikat masyarakat Indonesia. Terlebih di segmen city car dan juga Low Cost Green Car (LCGC), mobil mungil berkapasitas lima penumpang ini sulit dikalahkan rival-rivalnya. Di segmen city car misalnya, Honda Brio masih di atas Toyota Agya GR Sport maupun Daihatsu Sirion.
Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam tiga tahun terakhir, penjualan Brio terbilang bagus. Brio juga tercatat sebagai runner up mobil terlaris 2023. Distribusi Brio baik varian Satya maupun RS sepanjang 2023 mencapai 62.195 unit.
Setahun berikutnya, Honda Brio RS dan Satya menjadi mobil terlaris keempat dengan penjualan wholesales sebanyak 51.133 unit. Selanjutnya sepanjang Januari-Mei 2025, Honda Brio secara total sudah terdistribusi sebanyak 17.952 unit.