Honda Vario 125 terbaru tidak menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) seperti Vario 160. Ternyata ini sebabnya.
Hikaru Yokomura, Vario 125 Large Project Leader, Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd menjelaskan Honda Vario 125, masih setia menggunakan rangka jenis underbone konvensional atau pipa tubular.
“Frame yang digunakan bukan eSAF, kami menggunakan pipe frame (rangka tubular). Kenapa kami menggunakan pipe frame karena disesuaikan dengan kebutuhan engine, sehingga melengkapi dengan engine yang digunakan. Satu paket,” kata dia saat sesi konferensi pers New Vario 125 di AHM Safety Riding and Training Center, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (1/12/2025).
Lebih lanjut dia menjelaskan penggunaan pipe frame ini merupakan keputusan yang disesuaikan dan melengkapi kebutuhan engine. Artinya, engine 125cc dan pipe frame dianggap sebagai satu paket yang saling mendukung untuk mencapai tujuan desain keringanan, balance, dan penggunaan harian.
Seperti diketahui, eSAF merupakan jenis rangka baru yang diperkenalkan pada 2019 dan digunakan pada model seperti Genio, BeAT, Scoopy, dan Vario 160. Mesin yang dipakai pada rangka tersebut, ialah mesin 110 cc dan 160 cc.
Pernyataan Hikaru menegaskan bahwa keputusan untuk mempertahankan rangka tubular pada Honda Vario 125 adalah bagian dari strategi desain yang lebih luas.
Selain itu, Honda juga tetap mempertahankan mesin eSP seperti sebelumnya.
“Model ini dirancang untuk kebutuhan sehari-hari dengan balance yang baik. Saya mempertimbangkan tidak hanya dengan engine, tetapi juga kombinasi frame yang ada. Untuk memenuhi supaya lebih ringan, dan bisa menyesuaikan keringanan untuk model itu sendiri, maka kami menyematkan engine seperti saat ini yang sudah digunakan. Itu yang membuat kami memutuskan untuk menggunakan engine tersebut,” kata Hikaru.
Ditenagai mesin 125cc liquid-cooled engine dengan teknologi eSP, All New Honda Vario 125 menghasilkan konsumsi BBM yang diklaim hingga 51,7 km/liter. Di atas kertas, motor ini bisa memuntahkan tenaga 8,2 kW pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.






