Lexus Indonesia resmi meluncurkan Lexus RZ 500e di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Mobil ini menjadi Battery Electric Vehicle (BEV) Lexus pertama di Indonesia yang dibekali teknologi revolusioner Steer-by-Wire (SBW).
Dengan teknologi ini, Lexus RZ 500e menawarkan pengalaman berkendara yang lebih presisi, halus, dan intuitif, sekaligus memperkuat karakter Lexus Driving Signature. Sejak pertama hadir di Indonesia, Lexus konsisten menjadi pionir dalam elektrifikasi, khususnya di segmen kendaraan mewah.
Sebelumnya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Lexus Indonesia telah resmi mencapai 100% electrified, dengan seluruh model yang ditawarkan hadir dalam opsi electrified powertrain. Selaras dengan visi Making Luxury Personal, Lexus juga menghadirkan pilihan kendaraan elektrifikasi yang lengkap mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV).
Tak hanya itu, Lexus memanjakan pelanggan dengan privilege dan layanan eksklusif untuk memberikan pengalaman kepemilikan yang benar-benar personal bagi setiap pelanggan.
“Peluncuran RZ 500e menegaskan komitmen Lexus dalam menghadirkan inovasi teknologi yang meningkatkan intuitivitas dan kenyamanan berkendara. Teknologi Steer-by-Wire pertama di Indonesia, dengan desain yoke, mewakili esensi Lexus Driving Signature dan semangat Omotenashi melalui kontrol yang lebih presisi, responsif, dan menyenangkan. Sejalan dengan visi Making Luxury Personal, RZ 500e menawarkan sensasi berkendara yang lebih dinamis tanpa mengorbankan kenyamanan dan kemewahan khas Lexus,” ujar General Manager Lexus Indonesia, Ima Nurbani Rahmah dalam keterangan tertulis, Jumat (21/11/2025).
RZ 500e: BEV dengan Teknologi Steer-by-Wire Pertama di RI
RZ 500e hadir sebagai BEV generasi terbaru yang telah disempurnakan dari sisi performa, efisiensi, dan kenyamanan. Mobil ini menghasilkan total output sebesar 375 hp dan mampu menempuh jarak hingga 460 km (WLTC). Sistem battery pre-conditioning juga memungkinkan waktu pengisian daya lebih cepat dan efisien.
Teknologi Steer-by-Wire menjadi sorotan utama dalam RZ 500e. Sistem kemudi elektronik ini menghilangkan koneksi mekanis antara roda kemudi (steering wheel) dan roda depan, menghasilkan respons yang yang lebih cepat, presisi lebih tinggi, dan manuver lebih halus. Teknologi ini juga memungkinkan pengurangan sudut kemudi, radius putar yang lebih kecil, serta pengalaman berkendara yang lebih intuitif dan terkoneksi.
Kehadiran teknologi Steer-by-Wire ini semakin menegaskan karakter Lexus Driving Signature, yang mampu meningkatkan Confidence pengemudi, menghadirkan Control lebih presisi, dan memastikan Comfort maksimal dalam berbagai kondisi berkendara. Teknologi ini juga memanjakan para driving enthusiasts di Indonesia untuk pengalaman berkendara yang dinamis dan nyaman
Teknologi ini juga mencerminkan implementasi Omotenashi, dimana kendaraan dirancang untuk mendukung dan mengurangi effort pengemudi. Pengurangan getaran, pengendalian yang lebih ringan, serta respons adaptif menciptakan pengalaman berkendara lebih tenang dan effortless, seolah kendaraan memahami kebutuhan pengemudi.
Desain kemudi bergaya yoke, yang tidak berbentuk lingkaran penuh, dipilih untuk menawarkan fungsi yang lebih optimal. Bentuk ini meningkatkan visibilitas ke depan, meminimalkan pergerakan tangan, dan mengoptimalkan control, terutama karena Steer-by-Wire tidak memerlukan putaran kemudi yang besar.
Kombinasi ini menghasilkan posisi berkendara yang lebih natural dan fokus, membuat pengemudi terasa benar-benar menyatu dengan mobil. Selain itu, desain yoke steering ini semakin menegaskan karakter futuristik RZ 500e sebagai BEV performa tinggi yang mengedepankan presisi dan pengalaman berkendara modern.
Platform RZ 500e juga ditingkatkan untuk menghadirkan stabilitas berkendara yang lebih superior. Sistem DIRECT4 All-Wheel Drive yang telah disempurnakan kini mampu mendistribusikan torsi secara adaptif antara roda depan dan belakang, menghasilkan akselerasi yang lebih linear sekaligus menjaga traksi dan kontrol optimal di berbagai kondisi jalan.
Suspensi depan dan belakang pun telah dioptimalkan untuk menunjang kenyamanan dan stabilitas. Sementara itu, struktur bodi yang diperkuat membantu meningkatkan presisi kemudi serta meredam getaran sehingga pengalaman berkendara terasa lebih solid dan responsif.
Untuk mendukung kehadiran RZ 500e dan seluruh lini kendaraan elektrifikasi Lexus, Lexus Indonesia terus memperkuat berbagai layanan dan privilege eksklusif bagi para pemiliknya. Fasilitas tersebut mencakup Exclusive Charging Station dan Lexus Parking Privilege, layanan E-LMCS (Electric Lexus Mobile Charging Service), serta garansi baterai jangka panjang untuk memastikan ketenangan dan kenyamanan pelanggan.
Informasi lebih lanjut mengenai Lexus di GJAW 2025 maupun Lexus RZ 500e dapat diperoleh dengan mengunjungi booth Lexus di Hall 5B – GJAW 2025, ICE BSD City, Tangerang, Banten.






