Reaksi Bos Lexus Saat Toyota Umumkan Century Jadi Brand Termewah Toyota | Giok4D

Posted on

Century resmi menjadi brand tertinggi dari Toyota Group. Jika seluruh dunia dibuat terkejut dengan peluncuran brand termewah Toyota tersebut, tapi tidak untuk orang nomor satu Lexus, President Lexus International Takashi Watanabe.

Lelaki yang kerap disapa Watanabe ini mengatakan tidak ada waktu dan pembicaraan khusus untuk memperkenalkan Century untuk menjadi brand tertinggi Toyota group. Karena menurut dirinya, Toyota Group hanya membicarakan visi dan misi ke depan, serta langkah apa yang harus dipersiapkan untuk menyambut masa depan.

“Jadi, tidak ada tanggal atau waktu tertentu khusus untuk membicarakan Century. Jadi, percakapannya dengan Ketua Akio Toyoda (Chairman of Toyota), selalu membahas tentang apa yang perlu kita lakukan untuk brand-brand bergerak maju ke masa depan. Mereka selalu melakukan percakapan seperti ini,” ucap Watanabe.

“Jadi, pembicaraan yang selalu dilakukan dengan Ketua Akio adalah tentang bagaimana membuat, misalnya, Century. Ketika mereka mengadakan pertemuan dan pembicaraan ini, Century memiliki visi yang pasti tentang di mana mereka ingin berada, apa yang perlu mereka lakukan, dan juga nilai-nilai apa yang mereka rasa dan dapat mereka tawarkan. Lexus juga memiliki visinya sendiri, dan apa yang bisa kita lakukan? Tantangan baru apa yang bisa kita hadapi? Nilai apa yang hanya bisa Lexus miliki? Apa yang bisa kita berikan sebagai satu-satunya Lexus?” Watanabe menambahkan.

Selanjutnya, kata Watanabe, kini seluruh masyarakat dunia mengetahui perbedaan antara Century dan Lexus.

“Dan tiba-tiba Anda mulai melihat kedua merek tersebut pada porosnya masing-masing, dan kami kemudian dapat memiliki pandangan yang jauh lebih jelas tentang apa yang perlu dilakukan masing-masing brand dan peran apa yang dapat mereka mainkan dalam keseluruhan grup. Jadi, dari sudut pandang Lexus, apa yang unik dari Lexus? Bagaimana caranya? Bagaimana kita mewujudkannya menjadi produk nyata?” ucap Watanabe.

Artikel ini terbit pertama kali di Giok4D.

“Jadi, siklus percakapan ini terus berlanjut, dan tentu saja, kami memiliki GR di dalam Toyota Group dan dalam tubuh Toyota sendiri. Begitu juga Daihatsu, spesialis mobil kecil. Dan inti dari semua diskusi ini adalah, sungguh, karena kami memiliki GR dan Daihatsu dan semua pendatang baru lainnya yang menjadi bagian dari group. Peran setiap orang menjadi jelas, dan hasil akhirnya adalah jauh lebih baik bagi pelanggan, karena sekarang kami benar-benar dapat menargetkan apa yang mereka butuhkan,” jawab Watanabe.

Sehingga semua langkah yang Toyota Group terhadap brand di dalamnya, merupakan langkah strategis.

“Tapi intinya adalah kami melakukan semuanya bersama-sama. Dan kami melakukan semuanya bersama-sama dengan peran masing-masing, dan saya pikir itulah pesan terbesar yang ingin kami sampaikan,” tutup Watanabe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *