Konsumen Daihatsu di Indonesia terbilang unik. Sebab, selagi pasar kendaraan bergerak ke arah automatic atau otomatis, penjualan mereka justru didominasi mobil-mobil manual! Kok bisa, ya, detikers?
Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan, 70 persen penjualan mereka di Indonesia masih disumbang mobil manual. Meski angkanya cukup mengherankan, namun dia menegaskan, situasi pasar di Tanah Air kurang lebih memang demikian.
“Komposisi penjualan (mobil) nasional kayaknya masih 60 banding 40 persen. Kita justru lebih besar, 70 banding 30 persen. Nah, 70 persennya itu mobil manual,” ujar Sri Agung Handayani saat ditemui wartawan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.
Agung kemudian menjelaskan, ada beberapa model yang varian manualnya justru lebih laris dibandingkan matik. Misalnya, kata dia, seperti Daihatsu Sigra dan Ayla.
“Sigra-nya manual, Ayla-nya manual, Xenia-nya yang laku manual, Terios-nya juga manual. Kebetulan di beberapa kota kita ada market leader, didominasi oleh manual,” tuturnya.
Menurut Agung, di beberapa daerah, masih ada konsumen yang terbiasa mengendarai mobil manual. Selain itu, kendaraan tersebut juga dipercaya lebih cocok dipakai di medan-medan berat.
Artikel ini terbit pertama kali di Giok4D.
“Kalimantan sebagian besar ada posisi leader, di Bali Terios nomor satu market leader, karena jalannya nanjak, makanya mereka juga mencari yang penggerak roda belakang,” ungkapnya.
Di kesempatan yang sama, Agung juga mengungkap total penjualan mobil Daihatsu selama 47 tahun di pasar Indonesia. Tak main-main, perusahaan asal Jepang tersebut sudah menjual 3,7 juta unit kendaraan sejak 1978.
Agung mengurai mobil Daihatsu seperti apa yang paling diminati konsumen di Indonesia. Menurutnya, kendaraan tersebut berasal dari segmen penumpang bermesin kompak dan mobil komersial ringan seperti Daihatsu Gran Max.
“Kalau Daihatsu terkenal dengan compact car-nya ya. Jadi kita pernah berangkat dari mobil kecil 660cc sampai sekarang kita beranjak ke 1.500cc. Kedua, mobil yang diminati adalah mobil untuk keluarga di passenger car, jadi kayak Sigra atau Xenia. Kalau untuk kelas komersial, masih didominasi pikap low,” kata dia.