Mitsubishi Destinator menjadi pilihan baru di segmen mobil SUV 7 penumpang. Mobil ini menawarkan banyak keunggulan buat keluarga Indonesia yang menginginkan mobil SUV premium nyaman dan canggih, baik untuk aktivitas harian maupun buat kebutuhan bertualang di akhir pekan.
Di tengah ramainya pilihan mobil keluarga, Mitsubishi Destinator hadir membawa banyak hal menarik buat keluarga Indonesia. Statusnya sebagai 7-Seater Premium Family SUV menjadikan Mitsubishi Destinator mobil yang cocok untuk keluarga Indonesia, lantaran daya tampung yang besar, dan siap diajak road trip ke berbagai tujuan dengan beragam kondisi jalan.
Enggak usah khawatir soal kenyamanan dan keamanan, Mitsubishi Motors menyematkan beragam teknologi tinggi pada jagoan terbarunya ini. Mitsubishi Destinator dibekali mesin 1.500cc turbo dengan Water Cooled Intercooler, yang menjanjikan tenaga besar dan efisiensi bahan bakar.
Beberapa pilihan mode berkendara menjadikan Mitsubishi Motors sebagai 7-Seater Premium Family SUV yang serba bisa. Bisa untuk road trip jarak jauh, bisa jadi teman bertualang ke lokasi-lokasi sulit, dan yang tak kalah penting bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan seluruh anggota keluarga.
1. Kabin Luas: Ruang Keluarga Kedua
Begitu masuk ke dalam kabin, Mitsubishi Destinator langsung menyuguhkan aura premium. Ini impresi pertama yang kami rasakan ketika duduk di kursi baris pertama dan kedua. Ruang kaki lapang, kursi ergonomis, plus material kabin yang elegan bikin suasana jadi menyenangkan.
Kabin Mitsubishi Destinator memiliki kesan yang lapang dan nyaman hingga tempat duduk di baris ketiga, seakan-akan jadi ruang keluarga kedua setelah di rumah. Pengalaman tester detikOto, dengan tinggi 175 cm masih cukup nyaman duduk di baris ketiga Mitsubishi Destinator. 7-Seater Premium Family SUV ini dilengkapi dengan Panoramic Sunroof, yang menciptakan kabin terasa lapang dan mewah, serta menghadirkan pencahayaan alami dan pandangan yang luas ke lanskap kota maupun alam.
Dari sisi akomodasi, dengan kursi baris ketiga yang digunakan, masih ada ruang untuk empat galon air. Dengan pembagian 40:20:40 di baris kedua serta kursi lipat individual 50:50 di baris ketiga.
Beragam konfigurasi kursi tersedia dan kedua baris dapat dilipat rata untuk menciptakan ruang kargo yang lapang, sehingga ideal buat membawa barang-barang panjang dan beragam muatan lain.
2. Mesin Turbo: Powerful
Mitsubishi Destinator dilengkapi mesin turbo MIVEC 1,5 liter, turbo 4B40 yang telah terbukti. Memiliki fitur Water Cooled Intercooler dan juga sebuah siklus rasio ekspansi tinggi (Atkinson cycle) 6 dengan tenaga maksimum 120 kW (160 dk) dan torsi puncak 250 Nm.
Transmisinya menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT) yang diklaim memberikan akselerasi linear sesuai tekanan pedal gas, memastikan respons akurat yang mencerminkan keinginan pengemudi. Baik saat berkendara di jalan kota atau melaju di jalan tol, CVT memberikan performa yang halus dan senyap.
Ketika tenaga lebih besar dibutuhkan, seperti saat menyalip di tanjakan atau masuk ke jalan bebas hambatan, sistem ini memberikan akselerasi langsung dan juga bertenaga, menawarkan pengalaman berkendara yang dinamis dan responsif. Ini terasa betul kami rasakan saat membawa Mitsubishi Destinator ini melewati jalanan menanjak yang panjang di jalan tol dari Jakarta menuju Bandung.
3. Terbukti Irit
Untuk ukuran mesin turbo, konsumsi bahan bakar Mitsubishi Destinator ini tergolong irit. Kami juga sempat menguji mobil ini dalam beberapa skenario. Di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam, konsumsi bensin yang tercatat di MID ada di angka 14,3 km per liter.
Sementara ketika dibawa cruising di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam, SUV ini bisa lebih irit lagi dengan catatan 16,4 km per liter. Data tersebut kami ambil dari MID.
Lalu kami juga melakukan tes perjalanan dari Jakarta ke Bandung menggunakan metode full to full. Dalam tes ini, mobil diisi penuh lebih dulu di Jakarta Selatan, lalu dipakai menempuh perjalanan sejauh 141,1 km dengan tiga orang penumpang dan bagasi terisi.
Di layar MID, konsumsi BBM rata-rata menunjukkan 15,6 km per liter dengan kecepatan rata-rata 66 km per jam. Namun hasil lebih akurat kami dapat setelah tangki kembali diisi penuh setibanya di Bandung.
Dan dibutuhkan bensin 9,15 liter atau setara sekitar Rp 111 ribuan dengan BBM RON 92. Artinya, konsumsi bensin rata-rata Mitsubishi Destinator di rute Jakarta-Bandung adalah sekitar 15,45 km per liter. Tergolong irit untuk mobil yang memiliki body besar seperti Mitsubishi Destinator.
4. Lima Mode Berkendara: Libas Semua Kondisi Jalan
Mode berkendara juga menjadi salah satu fitur unggulan Mitsubishi Destinator. Pengemudi dapat memilih lima mode berkendara yang dirancang untuk lewati berbagai kondisi permukaan jalan.
Dirancang untuk jalan hujan, Wet Mode memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, sementara mode Tarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.
Mode Normal adalah keseimbangan untuk berkendara sehari-hari, mode Gravel mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspal, serta Mud mode memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar.
Mitsubishi Destinator juga memanfaatkan teknologi all-wheel control dari Mitsubishi Motors untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang aman, andal, dan nyaman. Teknologi ini menghadirkan pengendalian yang mantap khas SUV di berbagai permukaan jalan dan kondisi cuaca.
Mitsubishi Destinator jadi makin mantap dan aman handlingnya lantaran punya sistem Active Yaw Control (AYC). Sederhananya, fitur ini berfungsi meningkatkan performa saat menikung. Ini membuat kendaraan bisa merespon sesuai keinginan pengemudi dan meningkatkan keamanan pengereman, terlebih saat bermanuver.
5. Sistem Keselamatan Komplet Tanpa Kompromi
Mitsubishi Destinator juga dibekali seperangkat fitur keselamatan yang lengkap dan canggih. Dengan sistem keamanan Diamond Sense mulai dari sistem bantuan pengemudi yang canggih yang meliputi Adaptive Cruise Control (with Low-Speed Follow), Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Automatic High Beam (AHB), lalu ada Leading Car Departure Notification (LCDN), Multi Around Monitor, hingga Rain Sensing Wiper System, yang secara keseluruhan memberikan perlindungan preventif tingkat tinggi.
Dilengkapi juga dengan enam SRS Airbag, Mitsubishi Destinator memastikan fitur keselamatan terhadap tabrakan atau benturan dengan menyerap energi dan meminimalkan deformasi kabin saat terjadi benturan.
Lebih jauh lagi, Mitsubishi Destinator juga menawarkan fitur MITSUBISHI CONNECT yang memudahkan pengendara mobil untuk memonitor kondisi kendaraan. Termasuk di antaranya remote control dimana pengguna dapat mengontrol mobil dari jarak jauh seperti menyalakan mesin dan AC, mengunci kendaraan, menyalakan lampu, hingga memantau posisi kendaraan dari jarak jauh. Tidak hanya itu, tersedia juga SOS/Emergency Assistance (eCall) untuk menghubungi bantuan darurat dengan satu sentuhan pada mobil. Juga Automatic Collision Notification, yakni sistem otomatis mengirimkan bantuan saat terdeteksi kecelakaan.
Ada juga Roadside Assistance (bCall), di mana pengguna Mitsubishi Destinator bisa meminta bantuan teknis atau derek langsung dari layar infotainment atau melalui aplikasi. Hal ini menunjukkan keseriusan Mitsubishi Motors untuk menjawab kebutuhan keluarga di Indonesia yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh melalui teknologi terkini yang lengkap dan canggih. alasan