Tak terasa umur Honda HR-V sudah menginjak 10 tahun di Indonesia. Mobil sport utility vehicle (SUV) di kelas medium ini sudah menjelma menjadi mobil ramah lingkungan.
Secara global HR-V sudah masuk generasi ketiga. Di Indonesia, HR-V pertama kali meluncur pada September 2014 dalam ajang Indonesia International Motor Show. Selanjutnya, Honda HR-V generasi terbaru di Indonesia meluncur pada Maret 2022. Barulah pertengahan tahun 2025, Honda HR-V menjelma jadi mobil hybrid di Tanah Air.
Yusak Billy sebagai Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor membeberkan beberapa alasan HR-V begitu dicintai masyarakat Indonesia.
“Honda HR-V berevolusi jadi iconic hybrid, kenapa orang mencintai HR-V, dari performa, desain, efisiensi. Banyak alasan yang membuat HR-V pantas menjadi ikonik,” kata Billy saat peluncuran New HR-V di Jakarta Selatan, Selasa (10/6/2025).
“Pertama HR-V adalah ikonik trend setter, saat diluncurkan 2014 segmen medium SUV ini hanya sekitar 0,5 persen dari total pasar mobil nasional. Namun kehadiran HR-V ini mengubah segalanya, penjualan segmen ini melonjak 5 kali lipat dalam satu tahun saja, bahkan mengubah jalan bagi banyak brand lain yang ikut masuk dalam segmen ini,” kata dia.
Billy melanjutkan HR-V terus berevolusi untuk menyesuaikan kebutuhan pasar. Di segmen SUV kompak, Honda HR-V merupakan rajanya. SUV berkapasitas lima penumpang itu sanggup mempertahankan posisinya meski mendapat kepungan dari para pendatang baru. Berdasarkan data dari PT HPM, sejak melantai satu dekade silam, HR-V sudah terdistribusi lebih dari 250 ribu unit.
“Selama 10 tahun banyak yang datang kemudian pergi. Sementara HR-V terus berkembang hingga tiga kali perubahan model, konsistensi ini yang menjadikan HR-V menjadi ikonik leader, HR-V terus memimpin pasar di kelasnya sampai satu satu dekade, hingga saat ini sudah lebih dari 250 ribu unit Honda HR-V sudah terjual, menjadikannya medium SUV terlaris di Indonesia,” jelas Billy.